Sekian lama tidak nulis di blog karena kesibukan dikantor makin padat.
Untuk mengisi kekosongan kali ini saya akan memberikan sedikit tip atau info
bagaimana cara mensetup soundcard di slackware mungkin bagi para praktisi linux yang sudah berpengalaman tulisan ini sangat basi :)
Tapi tak apalah itung-itung buat pengingat saya kalau-kalau menemui masalah
yang sama di kemudian hari.
Oke ini spesifikasi hardware saya ASUS P5GC-MX
bash-4.1# lspci
00:1b.0 Audio device: Intel Corporation N10/ICH 7 Family High Definition Audio Controller (rev 01)

Dan coba di deteksi pakai alsaconf
bash-4.1# alsaconf


 

Ternyata script alsaconf tidak dapat mendeteksi keberadaan soundcard sehingga tidak
bisa disetting konfigurasinya.
Ini berarti tidak bisa dipakai dengan cara yg biasa saya lakukan,sekarang kita cari
model souncard yang di pakai.

bash-4.1# cat /proc/asound/card0/codec* | grep Codec
Codec: Realtek ALC883

Masukan data model ke dalam file yang akan di probing oleh system ketika boot up
bash-4.1# nano /etc/modprobe.d/alsa-base.conf

masukan baris ini :
# Motherboard: Asus P5GC-MX
# Soundcard: Realtek ALC883 7.1 Intergrated Soundcard
options snd-hda-intel model=3stack-dig

Jalankan
bash-4.1# alsamixer
Naikan volume suara sampai kira 70% levelnya

simpan perubahan
bash-4.1# alsactl store
bash-4.1# reboot

Dan kemudian keluarlah suara yang merdu dari Headphone persis seperti yang saya harapkan.
Selesai sampai disini,semoga bermanfaat.

Wassalam